Informasi Wisata Paling Kekinian

Pendaki Difabel Naik ke Puncak Gunung Sesean

(Foto: Shutterstock).
Kabar Wisata79, Makassar | Rombongan pendaki bersama tim difabel akan menaklukkan Gunung Sesean di Kabupaten Toraja Utara, setelah sebelumnya sukses mencapai puncak Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan.


Tim pendaki difabel terdiri dari 10 orang yang terdiri tiga netra, enam daksa kinetik dan satu grahita.

"Mewakili Wali Kota Makassar, dengan ini melepas rombongan, semoga semua tiba dengan sehat dan selamat di rumah," kata Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir, di Makassar, Jumat, 1 Desember 2017.

Dirinya berharap, kegiatan yang berlangsung tersebut dapat bermanfaat bukan hanya bagi para atlet untuk membuktikan dirinya, tetapi bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Gunung Sesean memiliki tinggi puncak sekitar 2100 meter dari permukaan laut (Mdpl). Gunung ini menjadi salah satu primadona bagi penggiat outdoor dan wisatawan.

Ketua Panitia Ekspedisi Pendakian Bersama Difabel Menembus Batas Part II, Nur Hidayat menuturkan, dipilihnya gunung sebagai lokasi ekspedisi karena gunung merupakan simbol kekuatan alam yang diciptakan Tuhan yang maha esa.

"Dibutuhkan kemampuan dengan mental yang kuat, kesigapan, pengetahuan dan taktik manajerial. Ketika kami mampu berada di gunung berarti kami mampu berada kelompok-kelompok masyarakat untuk beraktivitas, artinya kami mampu berada di dalam kondisi apapun," tegas Yayat.

Pendakian kali ini dalam rangka memperingati Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2017 jatuh pada 3 Desember. Pendakian didukung penggiat alam bebas dari berbagai organisasi dan komunitas, dari Makassar, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara yang berjumlah sekitar 70 orang.

Diketahui, rombongan pendaki tim pendukung difabel yang berangkat dari Makassar ini akan bertemu dengan rombongan lainnya yang berada di Enrekang. Kemudian pada Sabtu, 2 Desember 2017, akan melanjutkan perjalanan menuju kaki gunung Sesean selanjutnya melakukan pendakian.

Pada peringatan hari disabilitas internasional 2016, pendakian difabel yang diinisiasi Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (Perdik) sebelumnya sukses mengapai puncak gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulsel dengan mengikutkan tiga atlet difabel.

(red)
Share:

No comments:

Post a Comment

Kabar Terkini